Rabu, 14 November 2018

Makanan Penutup Khas Indonesia


Makanan Penutup

Makanan Penutup Khas Indonesia – Di Indonesia sendiri ada banyak sekali makanan atau hidangan penutupnya, tapi kali ini saya akan membahas mengenai makanan penutup berupa minumannya saja. berikut merupakan Makanan Penutup Khas Indonesia berupa minuman :

Makanan Penutup Khas Indonesia

  1. ES CAMPUR

    Es Campur
    Salah satu minuman khas Indonesia yang cara membuat nya dengan mencampurkan berbagai jenis bahan – bahan dalam sirup manis. Bahan yang dijadikan bahan utama biasanya berasa manis atau masam ataupun buah – buahan. Es campur dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia dengan rasa dan bahan yang berbeda. Oleh karena itu daerah asal dari es campur sulit ditentukan.
  2. ES DOGER

    Es Doger
    Es doger adalah salah satu susu kelapa dingin yang sering ditemui di Bandung, Jawa Barat. Walaupun es doger berasal dari Cirebon, es doger juga bisa ditemui di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Malang, dan Surabaya. Es doger, kata doger sebenarnya kependekan dari Dorong Gerobak. Selain rasanya yang enak, es doger juga enak diminum di tempat-tempat yang panas. Es doger juga enak jika diminum setelah melakukan olahraga. Es doger berbahan dasar susu dan parutan kelapa, ditambah dengan tape, ketan hitam, avokad, dan lain-lain.
  3. ES BUAH

    Es Buah
    Cara pembuatan es buah ini hampir mirip dengan es campur yaitu dengan cara mencampurkan berbagai macam jenis bahan dalam sirup yang manis, tapi bedanya es buah ini bahan yang digunakan hanyalah buah – buahan dan bahan utamanya memang berbagai macam buah. Dan es buah ini sangat gampang sekali ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.
  4. ES CENDOL

    Es Cendol
    Minuman khas Sunda yang dahulunya terbuat dari tepung hunkwe, namun kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah “cendol” mungkin sekali berasal dari kata “jendol”, yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es cendol.
  5. ES KELAPA MUDA

    Es Kelapa Muda
    Es kelapa muda adalah minuman segar penyejuk dahaga yang terbuat dari daging dan air kelapa yang masih muda. Es kelapa muda merupakan minuman yang berasal dari Indonesia yang banyak digemari oleh orang-orang. Es kelapa muda pernah masuk kedalam 50 minuman terenak di dunia versi CNN pada tanggal 9 Desember 2011 yang menduduki peringkat ke-19.
  6. ES TELER

    Es Teler
    Es teler merupakan minuman asli dari Jawa Tengah, Indonesia. Asal mula atau sejarah ternyata dari Kabupaten Sukoharjo. Pada tahun 1957, minuman ini muncul karena di temukan oleh Hj.Samijem Darmo Putro (Ibunda Tukiman Darmowijono), warga desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa tengah. Es Teler ini biasanya berisi serutan alpukat, serutan kelapa muda, potongan nangka, susu kental manis, sirup, dan santan. Es yang dipakai bisa berupa es serut atau es batu.
  7. ES CINCAU

    Es Cincau
    Es cincau adalah sejenis minuman penyegar dengan bahan utama gel yang mirip agar-agar yang dikenal sebagai cincau. Potongan cincau ditambah dengan sirup, santan (atau susu) dan es serut sehingga minuman ini sangat enak disantap pada saat cuacanya sedang terik  dan setelah berolahgara, karena minuman ini enak sekali jika di minum sebagai penyegar. Minuman cincau ini biasanya warna cincaunya berbeda beda itu disebabkan karena bahan dalam pembuatan cincau berbeda, atau daun yang di pakai berbeda.
  8. ES PISANG IJO

    Es Pisang Ijo
    Pisang ijo atau es pisang ijo adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, terutama di kota Makassar. Makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya dengan mengukus di dandang. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan.
Makanan Penutup Khas Indonesia – Sekian artikel blog mengenai Makanan Penutup Khas Indonesia ini saya buat, semoga bermanfaat bagi anda para pembaca, dan terimakasih telah mengkunjungi blog saya

Sumber:https://pelajarbloger.000webhostapp.com/2017/11/makanan-penutup-khas-indonesia

1 komentar:

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    BalasHapus